Breaking News

Sunday 28 January 2018

Contoh Proposal Proyek Desain Jaringan Kabel dan Nirkabel Pada Tempat Bimbingan Belajar


Hallo Guys, kembali lagi saya share tentang pembuatan proposal khususnya proposal proyek yah. bagus banget buat kalian yang lagi cari contoh proposal proyek. kali ini saya akan share tentang proposal proyek desain jaringan kabel dan nirkabel pada sebuah tempat bimbingan belajar. langsung saja yah guys, berikut contoh proposalnya.





BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dan membawa dunia selaras dengan masyarakat modern yang mencari layanan yang fleksibel, serba mudah dan mengejar efisiensi di segala aspek. Kebutuhan akan informasi dan komunikasi pun meningkat terutama bagi pelajar, karyawan dan lainnya. Teknologi internet sebagai jaringan komputer global mempermudah kebutuhan akan transfer data yang dipisahkan oleh satuan jarak. .Rumah makan, café, lembaga-lembaga, kampus, bahkan pusat kota-kota besar telah menjadi kawasan tempat jaringan internet bersarang.

Keberadaan jaringan internet di beberapa daerah sangat membantu perkembangan swadaya masyarakat. Kota Pinrang Sulawesi Selatan, menjadi salah satu tinjau anriset kami beberapa waktu lalu. Beberapa lembaga-lembaga kursus dan tempat belajar lainnya dihadapkan dengan masalah informasi yang sangat lambat pergerakannya, termasuk bahan-bahan ajar di lembaga setempat.

Untuk itu, tim kami berinisiatif memberikan penawaran proyek perancangan desain jaringan kepada salah satu lembaga kursus Bahasa Inggris, “TOWNSPEAKS” yang ada di kota Pinrang. Dengan adanya proyek perancangan jaringan internet ini diharapkan dapat membantu proses pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. 




B. TUJUAN 

Tujuan dari proyek perancangan jaringan ini sebagai berikut :

1. Pengolahan data serta pengamanan data untuk mengakses data yang lebih berkualitas.

2. Mempercepat proses pencarian ( Search ) dan berbagi data ( Sharing ).

3. Meningkatkan kinerja dalam segala kegiatan yang dilakukan di Townspeaks.

4. Jaringan internet membantu proses belajar-mengajar mereka secara lebih efektif.

5. Mempermudah komunikasi internal maupun eksternal lembaga kursus.



C. MANFAAT

1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja . Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan (flasdisk, disket, CD, dan lain sebagainya).

4. Jaringan memungkinkan proses belajar mengajar khususnya berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik (email) merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping system penjadwalan, pemantauan tugas kursus, konferensi online dan roupware, dimana semuanya membantu peserta kursus bekerja lebih produktif.

5. Jaringan membantu proses kelancaran dalam melayani klien/ peserta mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan admin dapat melayani permintaan klien secara langsung di internet.



D. IDENTIFIKASI MASALAH

Berdasarkan latar belakang di atas, masalah dapat diidentifikasikan sebagai berikut :

1. Bagaimana merancang dan membuat jaringan lokal di tempat kursus.

2. Bagaimana merancang topologi jaringan tersebut.

3. Bagaimana cara untuk mensharing data dan printer antara komputer satu dengan

komputer lainnya.

Dalam penulisan proposal ini, kami membatasi pembahasan masalah yang ada yaitu:

1. Perancangan jaringan dengan menggunakan metode jaringan Local Area Network

(LAN) dan jaringan nirkabel (Wireless).

2. Perancangan dan pembuatan jaringan dengan memilih topologi yang tepat.

3. Mengkonfigurasi router dan switch agar komputer bisa saling berhubungan sesuai dengan konsep desain.

4. Mengkonfigurasi server agar dapat terhubung ke client.

Sesuai dengan batasan masalah diatas, maka permasalahan dalam proposal ini dapat dirumuskan yaitu “Bagaimana merancang dan membuat jaringan lokal untuk mempermudah dalam melakukan sharing data dengan menggunakan jenis perancangan jaringan Local Area Network (LAN) dan Wireless menggunakan topologi star”.




BAB II

SKEMA LOKASI


A. Skema Lantai 1
B. Skema Lantai 2



BAB III

SPESIFIKASI JARINGAN

A. Desain Topologi 

Gedung Townspeaks didesain dengan topologi star dan memiliki topologi yang sama pada setiap lantai dan setiap lantai meiliki 3 ruangan. 

Berikut desain topologi setiap lantai : 




B. Spesifikasi Perangkat 





BAB IV 

WAKTU PELAKSAAN 




BAB V 

PENUTUP 

A. Kesimpulan 

Perancangan sebuah sistem jaringan dibutuhkan keahlian khusus dalam pembuatannya baik dari segi skema maupun dalam implementasiannya. Dalam merancang sebuah desain sistem jaringan komputer tidak hanya sekedar merancang sebuah kebutuhan akan adanya sebuah jaringan disuatu tempat atau instansi , akan tetapi tapi lebih dari itu, diperlukan sebuah analisa kebutuhan yang nyata dan harapan dari pengguna dari apa yang akan dirancang dan diperlukan keahlian serta kreatifitas dari seorang designer sehingga rancangan tersebut menjadi baik serta bermanfat bagi pengguna. Seorang desainer yang bagus adalah dapat mengetahui atau menanyakan apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan serta memberikan alternatif dan solusi bagi pengguna. 




DAFTAR PUSTAKA 

1. Rohman, Analisis dan perancangan Komputer Asrama Putri Boarding School MAN I Surakarta, IJNS Volume 2 No 1, januari 2013. 

2. Novita Nilasari, Rancangan Sistem Voip sebagai Alternative Komunikasi Kampus Menggunakan Openh323 Gatekeeper, Universitas Diponegoro Semarang. 

3. Andi Supriyadi dan Dhani Gartina, Memilih Topologi Jaringan dan Hardware dalam Desain sebuah Jaringan Komputer, Informatika Pertanian Volume 16 No. 2, 2007.


Cukup sekian dulu yah contoh proposalnya. jangan lupa like dan share ke teman yang lain. biasakan mampir di komen dlu yah. terima kasih. salam semangat juang pelajar ! 

1 comment:

  1. LAYANAN PEMBIAYAAN LE-MERIDIA. perusahaan pinjaman yang memberi saya pinjaman 5.000.000,00 USD Ketika investor pinjaman lain mengabaikan tawaran saya, tetapi Le_Meridian Funding Service memberi saya pinjaman yang berhasil. Mereka langsung terlibat dalam pembiayaan pinjaman dan proyek dalam hal investasi. mereka memberikan solusi pembiayaan untuk perusahaan dan individu yang mencari akses ke dana pasar modal, mereka dapat membantu Anda mendanai proyek Anda atau memperluas bisnis Anda .. Email Kontak :::: lfdsloans@lemeridianfds.com Juga lfdsloans@outlook.com atau Tulis di nomor whatsapp pada 1- (989-394-3740) Good Intend,

    ReplyDelete

Adsense unit

Copyright 2019 Ernan Network | Designed by Ernan | Powered by Blogger