Breaking News

Sunday 2 February 2014

Proposal Membangun Usaha Kecil



BAB I PENDAHULUAN

A. NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN :

Nama Perusahaan :DonatBakarKeju
Alamatperusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang

B. NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB :

NamaPenanggungJawab :Erwin
AlamatPenanggungJawab: Dolangan

C. INFORMASI USAHA :

DonatBakarKejuadalahsuatuusaha yang disukaibanyak orang.Disampingitujugamemilikirasa yang manisdankelezatan,karenasetiapmanusiacenderungpadarasadankelezatan yang memuaskan,usahainitidakhanyabertujuanuntukmemperolehkeuntungantetapijugauntukmembantumengurangiadanyapengagguran.usahainisangatefektifdalammemenuhikebutuhanmasyarakatsekitar. Perusahaanini di namakanDonatBakarKejukarenausahainididirikanoleh orang yang usianyamasihmudadanmenyukaidonatbakarsejakkecildanmemutuskanuntukmembangunusaha “DonatBakarKeju”.Dan jugausahainisangatbermanfaatuntukmenghilangkan rasa laparpadasaatkapanpun.

BAB II DESKRIPSI USAHA

A. JENIS USAHA.

DonatBakarKejuadalahjenisusaharoti yangberbentukcincindandilengkapidengankejudanmelayanisetiaphari (minggu - senin) yang beroperasimulaidaripukul06.15 – 18.15, yang menyediakanberbagaimacamjenisDonatBakarKejuyang dapat di piliholehpelanggan (konsumen).
Usaha ini kami dirikankarenasemakinmaraknyabisniskue roti di kabupatendansekitarnyadanpeluangdaritrenhidupsekarangsedang popular di kota-kotabesar di Sulawesi khususnya di kotaPinrang.

B. TUJUAN USAHA.

TujuanusahaDonatBakarKejuiniadalah :
1. Dapatmemenuhikebutuhanmasyarakat.
2. Denganadanyausahainidapatmeningkatkanperekonomianmasyarakat.
3. MeningkatkankemampuanProdusendalammembuatkue (DonatBakarKeju).
4. MeningkatkansumberdayamanusiadalampembuatanDonatBakarolehusahaini.

C. MANFAAT USAHA.

ManfaatusahaDonatBakarKejuiniadalah :
1.Mempermudahmasyarakatdalampeningkatankebutuhansehari - hari.
2.Tersediapeluangusaha.
3. MenciptakankepuasanpelanggandalammengkomsumsiDonatBakarKeju yang di buatolehusahaini.

BAB III ASPEK PEMASARAN

A.GAMBARAN UMUM PASAR.

Pasar yang ditujudalamproduksiusahainiadalahsemuakalanganmasyarakatsecaraindividu,sedangkankemasan yang digunakanadalahkemasanyang berukuransederhana.karenadenganukurantersebutdapatdijangkauolehkonsumenmanapun.Dan jugadapat di kirimkeluarkabupatenPinrang.Keunggulanprodukiniterletakpadarasa,bentukproduk,dankemasan yang ditawarkanStrategispemasaran yang digunakanolehpemilikadalahselalumempertimbangkanpengembanganproduksesuaipermintaankonsumen,baikdarisegimutu,kualitassertakemasandanpenempatanharga yang sesuaidenganproduk yang ditawarkan.Dan bersahabadenganekonomimasyarakatkabupatenPinrang.

B. PENETAPAN HARGA JUAL.

HargajualDonatBakarKejuditetapkandenganmenghitunghargapokok produkditambahbiaya yang dikeluarkanuntukpembuatanDonatBakarKejudalambentukunikdapatditetapkanhargasebagaiberikut:
· Penjualan 1 buahDonatBakarKejuRp.2.000,-

C.PERKIRAAN LABA.

Perkiraanlaba yang dihasilkandalampembuatanDonatBakarKejuunikdenganmenjumlahkanhargajualprodukdenganhargapokokprodukdan di kalikandenganjumlahproduk yang terjual per bulannyaadalahsebagaiberikut :

Rencanapenjualan300 buahDonatBakarKeju :

Rp.1.000x 300 buah/bulan= Rp. 9.000.000/bulan

Biayapengadaanproduk

a). Tepungterigu20 kg x 6000 = Rp. 120.000

b). Biayabahanpembantu = Rp. 150.000

c). Gula11 Kg x 11.000 = Rp. 121.000

d). Gajikaryawan550.000 x 8 = Rp.4.400.000

e). Belialat = Rp.1.250.000

f). Biayakonsumsi&transportasi = Rp290.000

Jumlah =Rp.6.331.000

Laba = hargajual – modal

= Rp.9.000.000 –Rp.6.331.000 = Rp.2.669.000

Perkiraanlabadalampenjualan300buahDonatBakarKejusetiapbulanadalahRp.2.669.000

BAB IV

ASPEK PENGEMBANGAN USAHA

A.Faktorpendukungdanpenghemat

Unsur yang menjadifaktorpendukungdaripengelolahDonatBakarKejuiniadalahketersedianbahan yang mudahdiperoleh.Sementara yang menjadifaktorkesulitandalampengadaankemasan yang dibuatdariplastiksehinggakemasan yang digunakanselaluberganti-ganti.Dan tidakmenjaminkualitasdaribahaninibagikonsumen yang inginmembawaprodukinipulangatau di kirim.

B.Rencanatindaklanjutusaha

Untukpengembanganusahakedepannyapenulisberusahaakanmemperbaikikualitasproduk,penetapanharga,pemasaran,promosi yang digunakanadalahseperti yangdigunakanadalahsepertispanduk,suratkabar, majalah, melaluipemasaran di internetdansuratkabar.
BAB V ASPEK PRODUKSI

Produksiinidiproduksidenganspesifiktanpabahanpengawet,sehinggaaslikemurnianyadanamnuntuk di konsumsi (halal). Proses dalampembuatan“DonatBakarKeju” iniadalahsebagaiberikut:

Bahan-Bahannya :

1.Tepungterigu.

Garam,gula,seres,keju, mentega,danbumbu-bumbulainya yang diperlukan.

Cara pembuatannya :

1.Aduktepungbersamaandenganbumbu-bumbunyahinggamerata,di dalamsuatuwadah.

2. Tepung yang sudah di adukdimasukankedalamcetakan yang berbentukcincin (DONAT),setelahitulangsungdibakar.

3.Tunggubeberapamenittepung yang sudahdimasukankedalamcetakanakanmatangdanmenjadi roti yang berbentukcincin yang dinamakan “DonatBakarKeju”.

4. setelahmatangdonatterebut di oleskanmentegadanditaburiseresbesertakeju yang lezat.

5.setelah di taburidonattersebutsiapdisajikandandijualdi pasaran.

Untukmengolahtepungdanbahanlainnyamenjadi“DonatBakarKeju” yangsempurnamakadiperlukanalat-alatsebagaiberikut :

NO URAIAN BANYAKNYA HARGA JUMLAH

1. Wadah 5 buah Rp.20.000 Rp.100.000

2. Cetakan 2 lusin Rp.125.000 Rp.250.000

3. Beli oven 3 buah Rp.300.000 Rp.900.000

Jumlah Rp.1.250.000

Dalampengelolahan“DonatBakarKeju” inidibutuhkan8 orang karyawan. Dimana 4 orang petugasmemproduksiDonatBakarKeju, 2 orang bagianpelayanan, 1 orang bagianpengirimandanpenerimaanpesanandan 1 orangbagianadministrasi (keuangan). Jumlahpengelolahanprodukini minimal 300 buah per bulan.

BAB VI PENINGKATAN OMSET PENJUALAN

1. Sales Promotion

Sales promotion merupakansalahsatualatpromosi yang bergunauntukmeningkatkanpenjualanperusahaandalamjangkapendekdenganmemberikaninsetif.BiasanyakegiataniniberlangsungbilakegiatanpenjualanDonatBakarKejumengalamipenurunandaritahun-tahunsebelumnya. Didalammelakukankegiatan sales promotion ini Usaha DonatBakarKejumenekankanpada :

a. Consumer Production

Adalahpromosipenjualan yang ditujukanataudiarahkanpadakonsumenakhir.Melaluipromosiiniperusahaanmengusahakan agardaerahpenjualandapatdiperluas, selainitujugabertujuanuntukmendapatkanlanggananbarusertamemperkenalkandanmemberitahukankepadakonsumen agar tertarikdanberminatmembeliprodukDonatBakarKejutersebut. AdapuncaradilakukanDonatBakarKejudalammelakukan sales promotion antara lain denganpemberianhadiahuntukjenisdonattertentu, adanyapotonganharga (discount)padawaktu-waktutertentu.

b. Sales Force Promotion

Dalamkegiatannya sales force promotion menganutsistempendekatan yang berorientasipadapembeliandenganmemberikanlatihankepadapelanggan.

Dalamhaliniparawiraniaga (tenagapenjual) menjelaskanmengenaikeuntungan-keuntungan yang diperolehbilakonsumenmembelidonat, jadisecarasingkatdapatdikatakanbahwaparawiraniagaharusdapatmeyakinkandanmembujukcalonkonsumen agar merekamemotivasiparawiraniagamaka Usaha inimenjanjikanakanmemberikanbonuskepadawiraniagadengancaramemberikan :

1) GajiTetap

Yaitupemberiangajitetapwalaupuntidakadatransaksipenjualan.Dan diterimahsetiaptanggal 5 setiapbulannya.

2) Komisi

PemberianKomisikepadaparawiraniaga agar merekadapatlebihgiatlagimendapatkancalon-calonkonsumen yang akanmembelidonattersebut.

3) Bonus

Bonus diberikansebagaitambahankomisiapabilapenjualandonattersebutmelampauiataumelebihi target penjualan per tahun.Dan meningkatdarijumlahpelanggansebelumnnya.Agar parawiraniagatermotivasiuntukmemotivasiparaclonpelangganuntukmembeldonattersebut.

REPUBLIK INDONESIA DEPARTEMEN PERDANGANGAN SURAT USAHA PERDANGANGAN(SIUP) NO.SIUP:0099/10-28/PK/II/2012

Nama Perusahaan : Usaha DonatBakarKejuAlamat Perusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang

Nama Pemilik/Penanggung jawab :Erwin

Alamat Pemilik/Penanggung jawab : kariango

Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP) : 1.251.675.8-434

Bidang usaha : Perdangangan

Jenis kegiatan usaha : Menjual

Jasa dangangan utama : Donat

Surat Izin Perdangangan (SIUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan perdangangan di seluruh wilayah Republik Indonesia selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usahanya.

Dikeluarkan di Pinrang

Pada tanggal 13 Februari2012

A.n.menteri perdangangan

Kepala kantor wilayah depertemen perdangangan propinsi sul-sel u.b

Kepala Bidang Usaha dan

Sarana Perdangangan





( Muh. Ridwan )

Nip.19760102 200701 1 014



DAFTAR ISI

DAFTAR ISI...............................................................................................

PENDAHULUAN......................................................................................

A. Namadanalamatperusahaan

B. Namadanalamatpenanggungjawab

C. Informasiusaha

DESKRIPSI USAHA.................................................................................

A. Jenisusaha

B. Tujuanusaha

C. Manfaatusaha

ASPEK PEMASARAN.............................................................................

A. Gambaranumumpasar

B. Penetapanhargajual

C. Perkiraanlaba

ASPEK PENGEMBANGAN USAHA...................................................

A. Faktorpendukungdanpenghemat

B. Rencanatindaklanjutusaha

ASPEK PRODUKSI.................................................................................

PENINGKATAN OMSET PENJUALAN.............................................

A. PromosiPenjualan (Sales Promotion)

B. AnalisaDampakPromosiTerhadap TingkatPenjualan

SURAT USAHA PERDANGANGAN(SIUP)........................................



“DONAT BAKAR KEJU”

Nama Perusahaan : Donatbakarkeju.

Alamat Perusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang

Nama pemilik : Erwin

Alamat pemilik : Dolangan

No hp : 08991366636

Nama penanggung jawab : Erwin

Alamat penanggung jawab : Dolangan

No hp : 08991366636

No comments:

Post a Comment

Adsense unit

Copyright 2019 Ernan Network | Designed by Ernan | Powered by Blogger