BAB I PENDAHULUAN
A. NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN :
Nama Perusahaan :DonatBakarKeju
Alamatperusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang
B. NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB :
NamaPenanggungJawab :Erwin
AlamatPenanggungJawab: Dolangan
C. INFORMASI USAHA :
DonatBakarKejuadalahsuatuusaha yang disukaibanyak orang.Disampingitujugamemilikirasa yang manisdankelezatan,karenasetiapmanusiacenderungpadarasadankelezatan yang memuaskan,usahainitidakhanyabertujuanuntukmemperolehkeuntungantetapijugauntukmembantumengurangiadanyapengagguran.usahainisangatefektifdalammemenuhikebutuhanmasyarakatsekitar. Perusahaanini di namakanDonatBakarKejukarenausahainididirikanoleh orang yang usianyamasihmudadanmenyukaidonatbakarsejakkecildanmemutuskanuntukmembangunusaha “DonatBakarKeju”.Dan jugausahainisangatbermanfaatuntukmenghilangkan rasa laparpadasaatkapanpun.
BAB II DESKRIPSI USAHA
A. JENIS USAHA.
DonatBakarKejuadalahjenisusaharoti yangberbentukcincindandilengkapidengankejudanmelayanisetiaphari (minggu - senin) yang beroperasimulaidaripukul06.15 – 18.15, yang menyediakanberbagaimacamjenisDonatBakarKejuyang dapat di piliholehpelanggan (konsumen).
Usaha ini kami dirikankarenasemakinmaraknyabisniskue roti di kabupatendansekitarnyadanpeluangdaritrenhidupsekarangsedang popular di kota-kotabesar di Sulawesi khususnya di kotaPinrang.
B. TUJUAN USAHA.
TujuanusahaDonatBakarKejuiniadalah :
1. Dapatmemenuhikebutuhanmasyarakat.
2. Denganadanyausahainidapatmeningkatkanperekonomianmasyarakat.
3. MeningkatkankemampuanProdusendalammembuatkue (DonatBakarKeju).
4. MeningkatkansumberdayamanusiadalampembuatanDonatBakarolehusahaini.
C. MANFAAT USAHA.
ManfaatusahaDonatBakarKejuiniadalah :
1.Mempermudahmasyarakatdalampeningkatankebutuhansehari - hari.
2.Tersediapeluangusaha.
3. MenciptakankepuasanpelanggandalammengkomsumsiDonatBakarKeju yang di buatolehusahaini.
BAB III ASPEK PEMASARAN
A.GAMBARAN UMUM PASAR.
Pasar yang ditujudalamproduksiusahainiadalahsemuakalanganmasyarakatsecaraindividu,sedangkankemasan yang digunakanadalahkemasanyang berukuransederhana.karenadenganukurantersebutdapatdijangkauolehkonsumenmanapun.Dan jugadapat di kirimkeluarkabupatenPinrang.Keunggulanprodukiniterletakpadarasa,bentukproduk,dankemasan yang ditawarkanStrategispemasaran yang digunakanolehpemilikadalahselalumempertimbangkanpengembanganproduksesuaipermintaankonsumen,baikdarisegimutu,kualitassertakemasandanpenempatanharga yang sesuaidenganproduk yang ditawarkan.Dan bersahabadenganekonomimasyarakatkabupatenPinrang.
B. PENETAPAN HARGA JUAL.
HargajualDonatBakarKejuditetapkandenganmenghitunghargapokok produkditambahbiaya yang dikeluarkanuntukpembuatanDonatBakarKejudalambentukunikdapatditetapkanhargasebagaiberikut:
· Penjualan 1 buahDonatBakarKejuRp.2.000,-
C.PERKIRAAN LABA.
Perkiraanlaba yang dihasilkandalampembuatanDonatBakarKejuunikdenganmenjumlahkanhargajualprodukdenganhargapokokprodukdan di kalikandenganjumlahproduk yang terjual per bulannyaadalahsebagaiberikut :
Rencanapenjualan300 buahDonatBakarKeju :
Rp.1.000x 300 buah/bulan= Rp. 9.000.000/bulan
Biayapengadaanproduk
a). Tepungterigu20 kg x 6000 = Rp. 120.000
b). Biayabahanpembantu = Rp. 150.000
c). Gula11 Kg x 11.000 = Rp. 121.000
d). Gajikaryawan550.000 x 8 = Rp.4.400.000
e). Belialat = Rp.1.250.000
f). Biayakonsumsi&transportasi = Rp290.000
Jumlah =Rp.6.331.000
Laba = hargajual – modal
= Rp.9.000.000 –Rp.6.331.000 = Rp.2.669.000
Perkiraanlabadalampenjualan300buahDonatBakarKejusetiapbulanadalahRp.2.669.000
BAB IV
ASPEK PENGEMBANGAN USAHA
A.Faktorpendukungdanpenghemat
Unsur yang menjadifaktorpendukungdaripengelolahDonatBakarKejuiniadalahketersedianbahan yang mudahdiperoleh.Sementara yang menjadifaktorkesulitandalampengadaankemasan yang dibuatdariplastiksehinggakemasan yang digunakanselaluberganti-ganti.Dan tidakmenjaminkualitasdaribahaninibagikonsumen yang inginmembawaprodukinipulangatau di kirim.
B.Rencanatindaklanjutusaha
Untukpengembanganusahakedepannyapenulisberusahaakanmemperbaikikualitasproduk,penetapanharga,pemasaran,promosi yang digunakanadalahseperti yangdigunakanadalahsepertispanduk,suratkabar, majalah, melaluipemasaran di internetdansuratkabar.
BAB V ASPEK PRODUKSI
Produksiinidiproduksidenganspesifiktanpabahanpengawet,sehinggaaslikemurnianyadanamnuntuk di konsumsi (halal). Proses dalampembuatan“DonatBakarKeju” iniadalahsebagaiberikut:
Bahan-Bahannya :
1.Tepungterigu.
Garam,gula,seres,keju, mentega,danbumbu-bumbulainya yang diperlukan.
Cara pembuatannya :
1.Aduktepungbersamaandenganbumbu-bumbunyahinggamerata,di dalamsuatuwadah.
2. Tepung yang sudah di adukdimasukankedalamcetakan yang berbentukcincin (DONAT),setelahitulangsungdibakar.
3.Tunggubeberapamenittepung yang sudahdimasukankedalamcetakanakanmatangdanmenjadi roti yang berbentukcincin yang dinamakan “DonatBakarKeju”.
4. setelahmatangdonatterebut di oleskanmentegadanditaburiseresbesertakeju yang lezat.
5.setelah di taburidonattersebutsiapdisajikandandijualdi pasaran.
Untukmengolahtepungdanbahanlainnyamenjadi“DonatBakarKeju” yangsempurnamakadiperlukanalat-alatsebagaiberikut :
NO URAIAN BANYAKNYA HARGA JUMLAH
1. Wadah 5 buah Rp.20.000 Rp.100.000
2. Cetakan 2 lusin Rp.125.000 Rp.250.000
3. Beli oven 3 buah Rp.300.000 Rp.900.000
Jumlah Rp.1.250.000
Dalampengelolahan“DonatBakarKeju” inidibutuhkan8 orang karyawan. Dimana 4 orang petugasmemproduksiDonatBakarKeju, 2 orang bagianpelayanan, 1 orang bagianpengirimandanpenerimaanpesanandan 1 orangbagianadministrasi (keuangan). Jumlahpengelolahanprodukini minimal 300 buah per bulan.
BAB VI PENINGKATAN OMSET PENJUALAN
1. Sales Promotion
Sales promotion merupakansalahsatualatpromosi yang bergunauntukmeningkatkanpenjualanperusahaandalamjangkapendekdenganmemberikaninsetif.BiasanyakegiataniniberlangsungbilakegiatanpenjualanDonatBakarKejumengalamipenurunandaritahun-tahunsebelumnya. Didalammelakukankegiatan sales promotion ini Usaha DonatBakarKejumenekankanpada :
a. Consumer Production
Adalahpromosipenjualan yang ditujukanataudiarahkanpadakonsumenakhir.Melaluipromosiiniperusahaanmengusahakan agardaerahpenjualandapatdiperluas, selainitujugabertujuanuntukmendapatkanlanggananbarusertamemperkenalkandanmemberitahukankepadakonsumen agar tertarikdanberminatmembeliprodukDonatBakarKejutersebut. AdapuncaradilakukanDonatBakarKejudalammelakukan sales promotion antara lain denganpemberianhadiahuntukjenisdonattertentu, adanyapotonganharga (discount)padawaktu-waktutertentu.
b. Sales Force Promotion
Dalamkegiatannya sales force promotion menganutsistempendekatan yang berorientasipadapembeliandenganmemberikanlatihankepadapelanggan.
Dalamhaliniparawiraniaga (tenagapenjual) menjelaskanmengenaikeuntungan-keuntungan yang diperolehbilakonsumenmembelidonat, jadisecarasingkatdapatdikatakanbahwaparawiraniagaharusdapatmeyakinkandanmembujukcalonkonsumen agar merekamemotivasiparawiraniagamaka Usaha inimenjanjikanakanmemberikanbonuskepadawiraniagadengancaramemberikan :
1) GajiTetap
Yaitupemberiangajitetapwalaupuntidakadatransaksipenjualan.Dan diterimahsetiaptanggal 5 setiapbulannya.
2) Komisi
PemberianKomisikepadaparawiraniaga agar merekadapatlebihgiatlagimendapatkancalon-calonkonsumen yang akanmembelidonattersebut.
3) Bonus
Bonus diberikansebagaitambahankomisiapabilapenjualandonattersebutmelampauiataumelebihi target penjualan per tahun.Dan meningkatdarijumlahpelanggansebelumnnya.Agar parawiraniagatermotivasiuntukmemotivasiparaclonpelangganuntukmembeldonattersebut.
REPUBLIK INDONESIA DEPARTEMEN PERDANGANGAN SURAT USAHA PERDANGANGAN(SIUP) NO.SIUP:0099/10-28/PK/II/2012
Nama Perusahaan : Usaha DonatBakarKejuAlamat Perusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang
Nama Pemilik/Penanggung jawab :Erwin
Alamat Pemilik/Penanggung jawab : kariango
Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP) : 1.251.675.8-434
Bidang usaha : Perdangangan
Jenis kegiatan usaha : Menjual
Jasa dangangan utama : Donat
Surat Izin Perdangangan (SIUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan perdangangan di seluruh wilayah Republik Indonesia selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usahanya.
Dikeluarkan di Pinrang
Pada tanggal 13 Februari2012
A.n.menteri perdangangan
Kepala kantor wilayah depertemen perdangangan propinsi sul-sel u.b
Kepala Bidang Usaha dan
Sarana Perdangangan
( Muh. Ridwan )
Nip.19760102 200701 1 014
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI...............................................................................................
PENDAHULUAN......................................................................................
A. Namadanalamatperusahaan
B. Namadanalamatpenanggungjawab
C. Informasiusaha
DESKRIPSI USAHA.................................................................................
A. Jenisusaha
B. Tujuanusaha
C. Manfaatusaha
ASPEK PEMASARAN.............................................................................
A. Gambaranumumpasar
B. Penetapanhargajual
C. Perkiraanlaba
ASPEK PENGEMBANGAN USAHA...................................................
A. Faktorpendukungdanpenghemat
B. Rencanatindaklanjutusaha
ASPEK PRODUKSI.................................................................................
PENINGKATAN OMSET PENJUALAN.............................................
A. PromosiPenjualan (Sales Promotion)
B. AnalisaDampakPromosiTerhadap TingkatPenjualan
SURAT USAHA PERDANGANGAN(SIUP)........................................
“DONAT BAKAR KEJU”
Nama Perusahaan : Donatbakarkeju.
Alamat Perusahaan :Jln.JendralSudirman No.13 Pinrang
Nama pemilik : Erwin
Alamat pemilik : Dolangan
No hp : 08991366636
Nama penanggung jawab : Erwin
Alamat penanggung jawab : Dolangan
No hp : 08991366636
No comments:
Post a Comment